Breaking

Kamis, 11 Februari 2021

KUMPULAN NASKAH BEST PRACTICE PENILAIAN PROYEK UNTUK SMA

 


Best Practice dalam dunia pendidikan adalah sebuah tulisan yang menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi oleh guru dan tenaga kependidikan sehingga mampu memperbaiki mutu layanan pendidikan, khususnya pada pembelajaran dan penialaian.

 

Pengaturan terbaik itu dideskripsikan dari keberhasilan seseorang atau kelompok tertentu. Bagi guru, best pracitce difokuskan pada efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian di sekolahnya. Efektif berarti bukti nyata yang diperoleh memberi hasil terbaik dan efisien dengan menggunakan usaha minimum.

 

Guru dalam mengimplementasikan kuruikulum khususnya dalam pembelajaran di sekolah memiliki kondisi yang berbeda baik dari sarana prasarana, keberagaman peserta didik, akses informasi, potensi kultural dan hal lainnya. Di sisi lain guru tetap dituntut untuk memberikan layanan pendidikan secara optimal, untuk menghasilkan mutu pendidikan yang baik. Oleh sebabitu guru dituntut dapat fokus dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian dengan memenfaatkan segala potensi yang ada dengan melakukan pendekatan atau metode terbaik sehingga menjadi pengalaman-pengalaman terbaik yang dapat mengingkatkan mutu pembelajaran dan penilaian.

 

Berdasarkan hal tersebut, Direktorat SMA pada tahun 2020 telah menyusun best practice tentang penilaian yang diambil dari pengalaman terbaik guru ketika melaksanakan berbagai pendekatan atau metode penilaian. Best practice dengan judul “Implementasi Asesmen Portofolio Kerja pada Pembelajaran Jarak Jauh untuk Penilaian Proses dan Hasil Belajar” memberi gambaran bagaimana mengaplikasikan penilaian autentik untuk kegiatan penilaian portofolio pada Mata Pelajaran Biologi khususnya pada topik Sistem Imun dan Imunisasi. Best Practice ini dapat memberi inspirasi dan motivasi pada guru untuk mengembangkan pendekatan atau metode lain dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian.


 BACA JUGA :  PENILAIAN BERBASIS KELAS 

 

Pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan dilakukan pembelajaran secara tatap muka langsung, maupun situasi darurat bencana lainnya dapat disiasati dengan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, satuan pendidikan harus memikirkan strategi PJJ sesuai dengan kompetensi yang dimiliki setiap sekolah baik unsur kompetensi guru, peserta didik, orangtua, maupun dari sarana yang dimiliki. Strategi yang diterapkan setiap satuan pendidikan tentunya beragam dan bukan berarti tanpa kendala. Terdapat beragam aplikasi LMS (learning management system) yang dapat digunakan selama PJJ, diantaranya: sevima edlink, moodle, Google Classroom, Google Site, edmodo, microsoft teams, dan schoology.


Kurikulum 2013 mendorong dilakukannya asesmen autentik untuk menilai kemajuan belajar peserta didik yang meliputi kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Asesmen autentik adalah penilaian yang sebenarnya melalui proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik yang perlu diketahui oleh guru agar bisa memastikan bahwa peserta didik mengalami proses pembelajaran yang benar. Asesmen autentik tidak hanya mengukur hasil belajar peserta didik saja, tetapi secara lengkap memberi informasi yang lebih jelas tentang proses pembelajaran.

 

Asesmen autentik salah satunya adalah dengan menggunakan asesmen portofolio. Portofolio merupakan kumpulan pekerjaan peserta didik serta catatan tentang kemajuan belajarnya. Asesmen portofolio dapat digunakan untuk menilai kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan peserta didik. Penilaian terhadap semua aspek tersebut hanya dimungkinkan apabila peserta didik dinilai melalui berbagai dokumen (tugas-tugas, hasil tes, catatan guru tentang peserta didik, dokumen kehadiran, dan lain-lain) yang disatukan dalam bentuk portofolio.

 

Terdapat beragam jenis penilaian portofolio, salah satunya adalah portofolio kerja (working portfolio). Portofolio kerja merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu. asesmen portofolio kerja mempunyai fungsi formatif dan diagnostik. Untuk peserta didik portofolio kerja sebagai bahan refleksi peserta didik; untuk guru sebagai masukan guru untuk membantu peserta didik mengidentifikasi kelemahan, kelebihan, dan merancang strategi untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.  

 

Selengkapanya silakhan download kumpulan naskah best practice :

Download disini Untuk Naskah Best Practice Penialaian Portofolio Biologi

Download disini Untuk Naskah Best Practice Penialaian Portofolio Kimia

Download disini Untuk Naskah Best Practice Penialaian Portofolio Ekonomi

Download disini Untuk Naskah Best Practice Penialaian Portofolio Geografi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar