Dalam proses pendidikan, kualitas pembelajaran di sekolah sa ngatlah ditentukan oleh suasana belajar yang terbangun di sekolah itu dan efektivitas pro ses pembelajaran yang dilakukan. Bagaimana suasana belajar di sekolah dan proses pembelajaran akan bergantung pada kepemimpinan di sekolah tersebut. Begitu besarnya peran kepemimpinan dalam menentukan kualitas proses dan hasil belajar menuntut adanya ber bagai upaya untuk membangun kepemimpinan sekolah yang efektif.
Kepemimpinan yang efektif, bukan hanya ditentukan oleh sosok pribadi kepala sekolah, melainkan juga kemampuan profesional dalam meningkatkan kualitas belajar. Kebijakan Merdeka Belajar yang digulirkan pemerintah menjadi ruang yang luas bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang salah satunya ditentukan oleh kepemimpinan kepala SMA.
Buku ini tidak hanya membahas kepala sekolah sebagai pimpinan sekolah, melainkan bagaimana perannya terhadap perbaikan proses belajar siswa. Buku ini disusun dari berbagai sumber, terutama informasi dan data hasil kegiatan yang dilakukan direktorat selama ini, dan berbagai referensi terkait. Diharapkan buku ini menjadi salah satu referensi dan inspirasi bagi setiap satuan pendidikan, khususnya SMA, dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar melalui pe nguatan kepemimpinan kepala SMA
Dalam setiap organisasi, peran leader menjadi faktor kunci. Pemimpin memiliki peran yang menentukan arah dan berjalannya organisasi menuju tujuan yang ditetapkan. Demikian pula halnya dalam sebuah satuan pendidikan. Peran pemimpin satuan pendidikan ibarat nakhoda kapal. Ia harus mampu mengendalikan jalannya kapal di lautan, baik saat laut tenang maupun dalam gelombang.
SMA sebagai satuan pendidikan menengah membutuhkan pemimpin yang kuat. Strong leadership menjadi salah satu prasyarat bagi optimalnya layanan pendidikan di sekolahnya. Karakteristik SMA tentu berbeda dengan jenjang pendidikan lainnya, oleh karena itu tipe pemimpin sekolah di SMA juga berbeda.
Buku ini mengupas tentang kepemimpinan sekolah SMA yang kuat. Namun, kekuatannya diarahkan bukan hanya untuk menjalankan sekolah semata, melainkan fokus pada peningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Di sinilah, kinerja kepala sekolah diukur dari pencapaian hasil belajar siswa, bukan dari yang lain.
Namun, kita juga harus ingat bahwa kualitas hasil akan sangat ditentukan oleh kualitas proses belajar yang dilakukan. Harus dipastikan bahwa proses belajar di sekolah berjalan secara efektif mengarah pada hasil yang ingin dicapai. Di sinilah peran kepala sekolah sangat menentukan untuk memastikan proses belajar berjalan efektif.
Buku ini dapat menjadi referensi bagi pemangku kepentingan SMA untuk memastikan bahwa faktor kepemimpinan sekolah menjadi hal penting yang perlu menjadi perhatian, dan faktor yang menentukan hasil belajar siswa.
Selengkapnya download E-book Kepemimpinan Kepala SMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar